Searching...
Thursday 21 November 2013

Album Baru Iwan Fals Menunggu Izin Sang Anak Selama 10 Tahun


Album Baru Iwan Fals Menunggu Izin Sang Anak Selama 10 Tahun

Tiga tahun tidak merilis album rupanya membuat Iwan Fals (51) 'gatal' untuk berkarya lagi. Ia  kembali hadir meramaikan industri musik tanah air dengan merilis album terbarunya, bertajuk Raya. 

Album Raya itu diambil dari nama anak bungsunya, Raya Rambu Rabbani yang kini berusia 10 tahun. Iwan mengungkapkan, ketiga anaknya kerap menjadi sumber inspirasinya saat menulis lirik lagu. 

"Memang mereka (anak-anak) sumber inspirasi saat saya meluapkan Kegembiraan, kesedihan, dan kemarahan saya," kata Iwan saat merilis album Raya di Rolling Stone Cafe, Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2013) sore. 

Sebelumnya, Iwan pernah membuat lirik lagu dengan menggunakan judul lagu nama anaknya. Seperti lagu Galang Rambu Anarki yang merupakan mendiang anak pertamanya. Lagu yang terangkum di album Opini itu, bercerita tentang kondisi ekonomi jelang pemilu 1982, yang ditandai harga BBM melambung tinggi. 

Begitu juga album Cikal (1991) yang merupakan album eksperimen Iwan yang diambil dari nama anak keduanya. Sebenarnya lagu Cikal dalam album ini merupakan versi ke duanya, dan versi pertamanya berjudul Annisa. Tapi lagu ini masuk ke dalam lagu yang tidak beredar, karena saat ini memang sangat sulit untuk mendapatkan rekaman versi aslinya dengan kualitas suara yang bagus.

Nah, untuk membuat lagu anak ketiganya ini, kata Iwan, ia menunggu 10 tahun lamanya untuk mendapatkan izin. 

"Lagunya sebenarnya sudah lama saya rekam. Cuma saya menunggu diizinkan dirilis tidak sama Raya. Saya tunggu dia dulu. Kalau dulu kan belum bisa diajak ngobrol ha.ha. Kalau sekarang udah ngerti dan akhirnya dijinkan," kata Iwan bercanda. 

Lagu Raya bercerita bagaimana Iwan bercerita tentang anak bungsunya. Bagaimana pula sosok Iwan Fals berdoa dan mengharapkan yang terbaik untuk anak lelakinya. Album terbaru Iwan ini merupakan album ganda karena berisi 18 lagu yang dikemas dalam dua kepingan CD. 

http://mbaktini.blogspot.com

Iwan Fals dan Keluarga

Rosana Listanto alias Yos istri Iwan mengatakan, 18 lagu itu hasil dari seleksi dari 24 lagu yang ada. "Jadi yang mensortir dari 24 lagu jadi 18 saya sama Cikal. Soalnya mas Iwan nggak mau memilih sendiri," kata Yos yang datang bersama anak perempuannya 

Cikal mengurus langsung penggarapan album terbaru Iwan. Iwan meniimpali,"Lagu-lagu itu ada lagu lama yang sering saya bawakan secara live, tapi belum pernah direkam sebelumnya. Album ini merupakan rekaman perasaan dan kesaksian sata terhadap keadaan," kata Iwan. 

Dalam penggarapan album Raya ini Iwan melibatkan beberapa musisi, seperti, Totok Tewel (gitar), Sonata (gitar) Raiden Soe (drum), Ardy (bass), dan Edi Doremi (keyboard).

2 komentar:

  1. wahh, lama sekali menunggu izin nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob . .. . . padahal penggemarnya uda pd ga betah nungguin hehe...
      makasih uda mampir .. . .

      Delete

Blog ini - 1000% tidak ada hubungan apa-apa dengan pihak manapun.
Silahkan memberikan komentar dengan bijak.
Komentar yang mengandung RASISME/SARA akan Admin hapus tanpa persetujuan lebih dulu.
Mari kita jaga solidaritas dengan sesama fals mania.

Salam OI

 
Back to top!