Searching...
Wednesday 20 November 2013

Iwan Fals Cari Makna Hidup ke 99 Pondok Pesantren

 Iwan Fals Cari Makna Hidup ke 99 Pondok Pesantren

Di usianya yang semakin matang, musisi senior Iwan Fals semakin rajin mempelajari agama Islam dan mempertebal keimamanannya. Salah satu upaya yang dilakukannya yakni dengan melakukan wisata religi ke sejumlah pondok pesantren Indonesia.


Dalam wisata religi bertajuk Extraligi tersebut, penyanyi balada bernama lengkap Virgiawan Listanto ini berencana mengunjungi 99 pondok pesantren (Pontren) se-Indonesia, beberapa di antaranya berada di Jabar. IWan mengaku wisata religi itu sebagai proses menemukan makna hidup.

"Ini bagian proses mencari makna hidup. Karena lingkungan yang baik akan mempengaruhi perilaku yang baik pula," ujar Iwan usai Dialog Budaya di Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan/Kabupaten Subang Minggu (3/4/2011).

Dari 99 pesantren yang bakal didatanginya, hingga saat pelantun lagui Bento ini sudah menjambangi 37 pesantren. Iwan tidak sendiri, pemilik album bertajuk keseimbangan itu ditemani Ki Agung Ganzor atau Zahrowi alias Zastro.

Selama wisata religi dari pesantren ke pesantren itu, banyak pelajaran yang didapat Iwan. Selain soal agama, Iwan mengaku, dari pesantren ia mendapatkan konsep kemandirian dan hidup gotong royong.

Pemahaman keagamaan, sebenarnya bukan hal yang baru bagi Iwan Fals. Meskipun terbilang bandel, Iwan dibesarkan di keluarga agamis. Ia juga pernah berada di Jeddah, Arab Saudi selama 7 bulan. "Islam sangat penting dalam hidup. Kita mengaku berkitab Alquran yang kita harus terapkan itu," imbuhnya.

0 komentar:

Post a Comment

Blog ini - 1000% tidak ada hubungan apa-apa dengan pihak manapun.
Silahkan memberikan komentar dengan bijak.
Komentar yang mengandung RASISME/SARA akan Admin hapus tanpa persetujuan lebih dulu.
Mari kita jaga solidaritas dengan sesama fals mania.

Salam OI

 
Back to top!